Gambar diambil dari kaskus.co.id

Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (kamus besar bahasa Indonesia). Bahasa bersifat arbitrer tidak memiliki keterkaitan langsung antara lambang bunyi dan yang dilambangkannya. Bahasa digunakan sebagai alat penyatu dan alat yang membedakan suatu masyarakat dengan masyarakat lain. Hal itu akan tampak dalam proses interaksi atau komunikasi yang terjalin dalam suatu masyarakat.

Era globalisasi merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk mempertahankan jati diri di pusaran pergaulan antarbangsa yang sangat kompleks. Salah satunya adalah tantangan dalam berbahasa dan bersastra.

Di Indonesia terdapat tiga jenis bahasa yang sama-sama digunakan oleh masyarakat meskipun situasi pemakaian dan jumlah penuturnya berbeda-beda. Ketiga jenis bahasa itu adalah bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal bahasa daerah sebagai bahasa pertama mereka dibandingkan dengan bahasa Indonesia itu sendiri sebagai bahasa nasional.

Gambar diambil dari rencanamu.id

Sementara itu, bahasa Indonesia rata-rata diperoleh melalui pendidikan formal, bukan dikalangan keluarga sebagai pendidikan informal. Jika pendidikan formal tersebut tidak berjalan dengan sempurna, dan tidak didorong dengan pendidikan informal, generasi muda akan tumbuh dengan kualitas berbahasa yang buruk. Hal itu tidak sesuai dengan tujuan dari sistem pendidikan yaitu untuk mempersiapkan individu untuk menghadapi tantangan- tantangan modern.

Dewasa ini, penggunaan bahasa Indonesia mulai tergerus dengan seiring perkembangan jaman. Pemakaian bahasa asing yang marak dilakukan oleh para generasi muda dan mulai menggantikan peran bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan interaksi serta sebagai identitas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya. Penggunaan bahasa asing tersebut menjadi cikal bakal menurunnya rasa bangga berbahasa Indonesia. Hal itu dinamakan westernisasi budaya . Pembauran antara bahasa Asing dan bahasa Indonesia tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk Asimilasi.

Penentuan bahasa tertentu sebagai alat komunikasi di dalam suatu masyarakat negara tersebut diperlukan agar tidak menimbulkan gejolak konflik horizontal yang pada akhirnya akan dapat menggoyahkan kehidupan bangsa di negara tersebut. Setelah itu, perlu adanya sosialisasi dalam proses penyebaran bahasa ini. Salah satunya adalah dalam lembaga pendidikan. Tidak hanya dalam proses penyebaran, lembaga pendidikan juga sebagai alat pemulihan bahasa dan sastra, beberapa hal yang menjadi kelamahan lembaga pendidikan dalam penanggulangan masalah Berbahasa dan bernegara salah satunya adalah penilaian yang tidak mendominasikan pada proses, bukan hanya pada hasil akhirnya saja.Penilaian yang berorientasi pada proses berusaha untuk melihat  bagaimana proses itu dilalui untuk menghasilkan sebuah produk.

Gambar diambil dari kaskus.co.id

Membangun budaya literasi di Indonesia adalah salah satu cara penanggulangan permasalahan berbahasa dan bernegara.Proses literasi pembaca berusaha menginterpretasikan makna dari lambing lambang atau bahasa pengarang untuk menangkap dan memahami ide pengarang. Dengan membaca, individu akan menambah wawasan dalam bahasa dan sastra.

Bahasa sebagai jati diri bangsa Indonesia, dan sastra sebagai budaya bangsa harus dipertahankan. Identitas yang melekat pada diri bangsa itu mulai tergerus pada era globalisasi ini. Penuturnya semakin berkurang, dan semakin menurun kualitas para penuturnya dalam berbahasa dan bersastra. Kita harus membumikan budaya literasi di kalangan generasi bangsa, agar bahasa dan sastra tetap lestari.

 

Referensi:

  • Marsudi, Siti Zahrok.2015.Kesetiaan Berbahasa Indonesia dipertanyakan di Era Globalisasi.Jurnal Sosio Humaniora.Vol 8 Hal 1.
  • Rokhman, Fathur.2013.Sosiolinguistik.Yogyakarta.Graha Ilmu

Profil Penulis:

Gita Octavia Andini, merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung yang saat ini menjadi Anggota Muda UKM-F PSBH FH UNILA 2020.

Tinggalkan Balasan