Aplikasi Hukum Tepat Guna Mengedukasi Remaja

0
58

Teknologi telah berkembang begitu pesat, kini industri teknologi telah mencapai era 4.0. dengan berbagai kemajuan dan kemudahan teknologi, selalu memiliki sisi positif dan negatif yang ada. Sisi negatif itu diantara lain kenakalan remaja. Dewasa ini telah banyak anak muda yang tersandung kasus hukum dan dijebloskan ke penjara. Kurangnya pengawasan orang tua dan kebebasan mengakses internet membuat segala informasi sangat mudah didapat. Masa-masa remaja memang menjadi masa-masa indah, bebas, dan penuh warna namun jika tidak diarahkan dengan tepat remaja akan terjerumus ke jalan yang merugikan diri mereka sendiri. Sementara itu sisi positif kemajuan teknologi juga banyak, diantaranya munculnya handphone android dan beragam aplikasi yang memudahkan kita mengolah informasi. Nah kita dapat memanfaatkan sisi positif ini untuk menekan sisi negatif yang ada yaitu dengan membuat aplikasi hukum, dikhususkan permasalahan hukum pidana yang banyak dialami remaja zaman sekarang. Di sinilah edukasi hukum lewat aplikasi hukum begitu penting dan efektif sebagai bekal remaja menghadapi masalah dan mengambil tindakan untuk menghindari masalah-masalah hukum di masa depan.

Remaja mempunyai rasa ingin tahu dan energi yang besar, akhirnya timbul problematika remaja dalam keseharian baik di sekolah maupun dalam pergaulannya. Masalah hukum yang sering timbul adalah hukum pidana seperti pembullyan, pelecehan, pencurian, tawuran, narkoba, seks bebas, dan sebagainya begitu menghantui remaja zaman sekarang. Apalagi kurangnya perhatian orang tua, guru, dan masyarakat sekitar akan menambah risiko kenakalan remaja semakin besar. Remaja yang menjadi korban bully atau pelecehan akan berakibat pada mental dan menyebabkan trauma jangka panjang, mereka tidak berani melapor karena rasa takut, bersalah, dan tertekan. Sedangkan remaja yang menjadi pelaku, perilaku itu akan terbawa sampai dewasa jika tidak ditangani segera. Dan akan menjadi masalah besar jika dibiarkan berlanjut. Banyak dari mereka juga tidak paham konsekuensi dari tindakan mereka tersebut.
Gambar diambil dari sulselprov.go.id

Maka di sinilah pentingnya edukasi hukum kepada para remaja, agar mereka bisa mengetahui dampak hukum yang timbul dari perbuatan mereka hingga mereka bisa mengurungkan niat mereka. Dan bagi anak-anak yang menjadi korban tidak perlu takut lagi untuk melapor karena mereka akan dilindungi oleh hukum. Namun sayangnya sosialisasi tentang hukum jarang diminati dan tidak menyeluruh di semua tempat dan sekolah. Jika mencari di internet juga banyak informasi hoax dan simpang-siur. Maka Aplikasi hukum ini akan menjadi solusi yang tepat guna dalam mengedukasi anak remaja. Anak-anak yang bermasalah atau ingin melakukan sesuatu tinggal bertanya lalu aplikasi akan menjawab dan menjelaskan dengan bahasa yang mudah di pahami, mengutip dasar hukumnya dan memberikan solusi tindakan apa yang tepat mereka lakukan. Dengan begitu para remaja dapat mempertimbangkan dengan matang sebelum melakukan tindakan yang dapat berakibat masalah hukum dan merugikan diri mereka sendiri. Aplikasi hukum ini akan menjadi solusi efekktif dan tepat guna dalam mengedukasi remaja menyelesaikan problematika kesehariannya baik di sekolah maupun di lingkungan pergaulannya.

Profil Penulis :

Hurriyah ‘Ainaa Mardiyah, merupakan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung semester 3, yang saat ini menjadi Anggota Muda UKM-F PSBH FH UNILA 2020.

Tinggalkan Balasan