Psbhfhunila.org – (27/10/2018) Berhasil menyingkirkan 32 Universitas yang menjadi pesaingnya, delagasi Ukm-F Pusat Studi Bantuan Hukum (PSBH) Fakultas hukum Unila rebut juara 3 sekaligus penghargaan Berkas terbaik dan Pemohon terbaik di Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Piala Ketua Mahkamah Konstitusi.

Kompetisi yang bergengsi ini rutin digelar dan diikuti puluhan universitas di Indonesia tiap tahunya. Pada tahun ini, sistem perlombaan terdiri dari 3 babak yakni eliminasi, penyisihan dan yang terakhir adalah babak final. Bagi delegasi PSBH Fh Unila sendiri tidak mudah untuk sampai pada babak final ini, mula-mula mereka membuat berkas permohonan pengujian undang-undang sesuai yang sudah ditentukan panita dan bertarung dengan 35 Universitas lainya untuk mendapatkan berkas terbaik.

Selanjutnya adalah babak penyisihan hanya 12 universitas terpilih. di sini, mereka menampilkan persidangan dan pembuatan berkas. Tidak hanya itu, mereka di sini akan memilih peran sesuai undian apakah menjadi pemohon atau termohon. Pada tahap ini pula mereka berada satu grop dengan universitas trisakti, universitas soedirman dan universitas diponegoro.

Terakhir, adalah babak final tidak hanya mereka dituntut bersidang dengan dua peran sekaligus baik itu Pemohon maupun Termohon namun, di sini mereka bertemu langsung dengan dua universitas lainyan yakni universitas padjajaran dan universitas sumatra utara.

Thomas sugara selaku ketua delegasi mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian yang sudah diraih. Ia mengatakan “ini merupakan pengalaman berharga sekali seumur hidup dan sekaligus pembelajaran secara pesat menjadi mahasiswa hukum” terangnya.

Momen ini adalah momen yang membanggakan atas hasil kerja keras selama kurang lebih 6 bulan persiapan.

Tinggalkan Balasan